Contoh Soal CPNS 2018 Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Jawabannya

Contoh soal CPNS 2018 Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) merupakan salah satu materi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini berdasarkan Permenpan Nomor 20 Tahun 2017. Nah bagi anda yang saat ini sedang mencari contoh soal CAT CPNS 2018, di bawah ini telah kami siapkan kumpulan contoh soal CAT CPNS 2018 beserta jawabannya untuk bahan persiapan Anda mengikuti seleksi CPNS 2018.

Akhir-akhir ini sedang marak berita akan dibukanya penerimaan CPNS 2018, namun informasi resminya hingga saat ini memang belum dikeluarkan. Tetapi dapat dipastikan bahwa Pemerintah melalui Kementerian PAN-RB akan kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2018 ini. Menurut informasi yang kami terima, bahwa jadwal pendaftaran CPNS 2018 sekitar tanggal 17 hingga 27 Juli 2018, yakni setelah pelaksanaan Pilkada 2018. Namun berita ini masih bersifat tentatif, artinya masih bisa saja berubah, karena memang belum ada informasi resmi dari pihak terkait terhadap hal ini.

Dengan dibukanya kembali penerimaan CPNS 2018 ini, maka akan membuka peluang bagi putra-putri bangsa yang saat ini masih belum mempunyai pekerjaan. Menjadi seorang PNS memang sangat banyak peminatnya, sehingga kita harus benar-benar mempersiapkan diri semaksimal mungkin supaya mampu bersaing dengan pelamar lain. Jadi silahkan pelajari contoh soal CAT CPNS 2018 selagi masih punya kesempatan, karena tidak lama lagi CPNS 2018 akan segera dibuka.

Gambar Contoh Soal CPNS 2018 Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Jawabannya

Peserta atau pelamar CPNS yang berpeluang besar lulus dalam seleksi CPNS ialah mereka yang paling banyak mempelajari contoh soal latihan CPNS, baik itu soal-soal CPNS tahun lama maupun yang terbaru. Terlebih lagi seleksi CPNS beberapa tahun belakangan sudah menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dan dapat dipastikan di tahun 2018 ini juga akan menggunakan sistem CAT ini. Nah bagi anda yang belum pernah mengikuti Tes CPNS sebelumnya, tentunya belum mengetahui bagaimana Tes Seleksi CPNS dengan Metode CAT ini, maka bisa mempersiapkan diri dari sekarang untuk mencoba Simulasi CAT CPNS 2018 langsung.

Penjelasan Singkat Sistem CAT CPNS Tes Online 2018


Sistem Computer Assisted Tes ataupun yang disebut CAT adalah sebuah sistem seleksi yang menggunakan alat bantu Komputer yang dipakai untuk memperoleh standar minimal kompetensi dasar bagi peserta tes CPNS. Standar kompetensi dasar CPNS ini dibutuhkan supaya bisa mewujudkan profesionalisme PNS. Sitem CAT inilah dipercaya bisa menjamin standar kompetensi dasar dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Penerapan sistem CAT dalam seleksi CPNS tentunya akan lebih praktis dan efisien, hal ini dikarenakan para peserta tinggal melakukan KLIK saja untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Selain itu sistem CAT ini didukung oleh teknologi informasi, sehingga para peserta tes bisa memantau secara langsung hasil seleksi atau ujian yang telah ia ikuti melalui server.

Bentuk dan Pola Soal CPNS 2018


Jika anda mengira bahwa bentuk soal CPNS tidak akan jauh berbeda dengan bentuk soal ujian di bangku sekolah ataupun di kuliah, maka dapat saya katakan bahwa perkiraan Anda salah. bentuk soal CPNS sangat berbeda dengan soal di bangku sekolah atau di kuliah. Bentuk soal CPNS, selain memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, juga memiliki soal-soal jebakan yang membutuhkan konsentrasi penuh. Walaupun begitu, tentu saja bisa dipelajari dan ditaklukkan dengan melakukan persiapan yang benar-benar tepat sasaran dan efektif.

Dalam mengerjakan soal-soal tes CPNS terkadang bukan hanya sekedar seberapa banyak materi yang telah kita hafal seperti di bangku kuliah, namun lebih dari itu, yakni bagaimana persiapan yang kita lakukan, strategi apa yang kita gunakan dalam menjawab soal-soal CPNS tersebut.

Layaknya seperti menghadapi suatu peperangan, tentunya kita harus mengetahui situasi serta kondisi medan perang, informasi pasukan musuh dan lain sebagainya. Tanpa mengetahui informasi-informasi tersebut maka dapat dipastikan kita akan mengalami kekalahan dalam medan perang. Begitu juga halnya dengan soal-soal CPNS.

Belajar dengan hanya penggunaan paket soal-jawaban sudah tidak lagi efektif atau sudah kuno. Yang perlu kita lakukan saat ini ialah mempelajari kisi-kisi serta memperluas pengetahuan berkaitan dengan materi yang diujikan dalam tes CPNS. Semakin banyak pengetahuan kita tentang materi yang diuji, maka semakin besar peluang kita dalam menjawab soal tes CPNS.

Sering berlatih mengerjakan soal-soal CPNS akan berguna untuk mengasah pengetahuan kita berkenaan dengan materi ujian Tes CPNS 2018. Hal ini tidak berarti bahwa Soal tersebut sama persis dengan yang akan diujikan. Jadi hindari pemborosan waktu, pikiran, uang untuk pembelian-soal-soal yang tidak berkaitan dengan materi yang diujikan.

Lalu Apa Saja Materi yang Diuji dalam Tes CAT CPNS 2018?


Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2017 tentang Kriterian Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2017, dijelaskan tentang materi yang akan diujikan dalam seleksi penerimaan CPNS Indonesia sebagai berikut:

A. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang meliputi :

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
  • Pancasila;
  • Undang-Undang Dasar 1945;
  • Bhineka Tunggal Ika; dan
  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

2. Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai:
  • Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;
  • Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka angka;
  • Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan
  • Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai:
  • Integritas diri.
  • Semangat berprestasi.
  • Kreativitas dan inovasi.
  • Orientasi pada pelayanan.
  • Orientasi kepada orang lain.
  • Kemampuan beradaptasi.
  • Kemampuan mengendalikan diri.
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas.
  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.
  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
  • Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

B. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

1. Materi seleksi kompetensi bidang
  • Materi Seleksi Kompetensi Bidang ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan materi seleksi untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana dimaksud;
  • Dalam hal instansi pembina jabatan fungsional atau instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana belum siap menyusun materi Seleksi Kompetensi Bidang, maka penyusunannya dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian yang bersangkutan;
  • Materi sebagaimana dimaksud angka 1) dan 2) selanjutnya dikoordinasikan dan diintegrasikan ke dalam sistem CAT Badan Kepegawaian Negara.
Nah itulah beberapa materi yang diujikan dalam seleksi CPNS 2018 nanti. Untuk seleksi kompetensi bidang (SKB) tentunya akan anda ikuti jika anda dinyatakan dalam seleksi kompetensi dasar (SKD). Dengan bahasa lain, anda hanya perlu mempersipakan diri untuk mengikuti SKB apabila SKD sudah dinyatakan lulus.

Di atas tadi sudah dipaparkan apa saja materi yang meliputi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelijensi Umum (TIU) serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Dan di bawah ini akan saya bagikan beberapa contoh soal CPNS 2018 Tes Wawasan Kebangsaan TWK, dan untuk materi lainnya akan saya posting pada artikel berikutnya.

Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan dan Jawabannya


1. Negara adalah alat masyarakat untuk mengatur hubungan antara manusia dalam masyarakat tersebut. Pernyataan ini merupakan pengertian negara ditinjau dari segi negara sebagai:

a. Organisasi politik.
b. Organisasi kesusilaan.
c. Organisasi integralistik.
d. Organisasi kekuasaan.
e. Organisasi kemasyarakatan.

JAWABAN: D. Organisasi kekuasaan.

2. Unsur-unsur berdirinya negara secara konstitutif adalah ...?

a. Rakyat, penduduk, dan wilayah.
b. Wilayah, pemerintah dan pengakuan secara de facto.
c. Rakyat, pemerintah dan pengakuan secara de facto.
d. Rakyat, wilayah dan pemerintah yang berdaulat.
e. Rakyat, warga negara dan pemerintah yang berdaulat.

JAWABAN: D. rakyat, wilayah dan pemerintah yang berdaulat.

3. Wilayah yang dianggap sebagai ekstrateritorial adalah ...

a. Wilayah lautan suatu negara.
b. Lautan bebas yang ada pemiliknya.
c. Tempat tinggal suatu masyarakat.
d. Lautan milik bersama masyarakat dunia.
e. Tempat bekerja perwakilan suatu negara.

JAWABAN : E. tempat bekerja perwakilan suatu negara.

4. Perbedaan bentuk negara kesatuan dengan negara serikat terletak pada ...

a. Jabatan kepala negara.
b. Sistem pemerintahannya.
c. Jumlah UUD yang dimiliki.
d. Hak untuk mengatur daerahnya (ke dalam).
e. Kedaulatan keluar dipegang oleh pemerintah pusat.

JAWABAN : D. Hak untuk mengatur daerahnya (ke dalam).

5. Pengakuan de jure berarti pengakuan negara lain terhadap negara Indonesia secara resmi menurut hukum misalnya ...

a. 17 Agustus 1945, terbentuknya negara Indonesia.
b. 10 Juli 1947, pengakuan kedaulatan Republik Indonesia oleh Mesir.
c. 10 Juli 1947, terbentuknya negara Republik Indonesia Serikat oleh Belanda.
d. 27 Desember 1949, pengakuan Kedaulatan Republik Indonesia oleh Belanda.
e. 10 Agustus 1945, pengakuan Kedaulatan Republik Indonesia oleh Arab Saudi.

JAWABAN: d. 27 Desember 1949, pengakuan Kedaulatan Republik Indonesia oleh Belanda.

6. Menurut Aristoteles pengertian politik adalah ...

a. Upaya untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki.
b. Pembuatan kebijaksanaan umum untuk masyarakat.
c. Kemahiran dalam bidang kenegaraan.
d. Pengambilan keputusan.
e. Meliputi seni dan ilmu.

JAWABAN : B. Pembuatan kebijaksanaan umum untuk masyarakat.

7. Alasan pemerintah pusat memberi kekuasaan kepada daerah dengan asas tugas pembantuan adalah ...

a. Agar daerah turut serta membantu tugas pemerintah pusat.
b. Pemerintah pusat tidak dapat menyelesaikan semua urusan daerah.
c. Pemerintah daerah lebih berhasil melaksanakan pembangunan daerahnya.
d. Pemerintah pusat kurang dapat bertanggung jawab atas daerahnya.
e. Pemerintah daerah lebih bertanggung jawab atas daerahnya.

JAWABAN : B. Pemerintah pusat tidak dapat menyelesaikan semua urusannya di daerah.

8. Perhatikan beberapa hukum berikut ini :

1. Hukum pidana
2. Hukum perorangan
3. Hukum adat
4. Hukum keluarga
5. Hukum waris
6. Hukum Tata Negara

Dari jenis-jenis hukum di atas, yang termasuk hukum perdata adalah nomor....

a. 1, 3 dan 5
b. 1, 4 dan 5
c. 2, 4 dan 5
d. 2, 3 dan 6
e. 3, 5 dan 6

JAWABAN : C. 2 (hukum perorangan), 4 (hukum keluarga) dan 5 (hukum waris)

9. Pengadilan tinggi pertama bagi rakyat untuk mendapatkan keadilan adalah Pengadilan Negeri, sedangkan Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung berfungsi sebagai ...

a. Peradilan istimewa.
b. Peradilan KKN.
c. Peradilan perkara berat dan lebih berat.
d. Peradilan banding dan kasasi.
e. Peradilan khusus.

JAWABAN : D. Peradilan banding dan kasasi.

10. Politik luar negeri Indonesia bersifat bebas aktif, artinya ...

a. Tegas menentukan sikap dalam pergaulan internasional dan regional.
b. Ikut menciptakan perdamaian dunia dalam pergaulan internasional.
c. Ikut serta menciptakan ketertiban dunia dan tidak memihak.
d. Bebas dalam pergaulan internasional dan ikut mewujudkan perdamaian dunia.
e. Bersikap aktif reaktif dalam pergaulan internasional dan tidak memihak.

JAWABAN: D. Ikut serta menciptakan ketertiban dunia dan tidak memihak.

Nah itulah beberapa Contoh Soal CPNS 2018 Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Jawabannya yang bisa saya bagikan kali ini untuk Anda. Untuk mendapatkan lebih banyak lagi contoh soal-soal CPNS, baik itu contoh soal Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelijensi Umum ataupun Tes Karakteristik Pribadi serta tips dan trik menjawab soal CPNS, silahkan daftarkan diri Anda disini. DAFTAR.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel